Pengabdian Masyarakat FH UNIPMA di UKM produsen Brem Candi Mas, Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. 

Prodi Hukum Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) berkunjung ke desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten madiun untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat atau abdimas. Abdimas dilakukan dengan pemberian materi dan penyuluhan terkait pengelolaan bisnis dan aspek legalitas pada UKM. UKM yang dikunjungi kali ini adalah UKM Candi Mas yang merupakan UKM produsen brem dan sudah beroperasi kurang lebih 35 tahun.

Abdimas dilakukan oleh dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan Unipma. “Abdimas kali ini dilakukan atas dukungan dan support dari Bantuan Program Penelitian dan Pengabdian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kemendikbudristek RI dan UNIPMA” sebagaimana disampaikan oleh Nizam Zakka Arrizal selaku ketua pelaksana abdimas (dosen FH Unipma). Abdimas dilakukan dengan survei terlebih dahulu untuk kemudian dilakukan penyuluhan dan pemberian materi terkait aspek legalitas apa yang harus dipenuhi oleh UKM beserta pengelolaan bisnis yang menunjang perkembangan dunia usaha dan digital, imbuhnya.

Mahasiswa yang terlibat berasal dari prodi hukum Unipma dan mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang bernama Fadillah. “ternyata di Madiun ada namanya brem dan saya bersyukur bisa mengetahui lebih dalam bagaimana cara memproduksi dan pengelolaan bisnisnya, terima kasih Unipma” ujar mahasiswa yang berasal dari Universitas Islam Riau tersebut. Selain ditunjukkan cara memproduksi, para pelaksana abdimas juga ditunjukkan dokumen legalitas yang dimiliki oleh UKM candi Mas diantaranya dokumen perizinan dan perusahaan. Selain Fadillah, mahasiswa yang terlibat diantaranya Firman, Awang, Fayza, Alfarozi, dan lainnya yang merupakan mahasiswa dari prodi hukum FH Unipma.

Pak Nanu (Nurharibnu Wibisono) selaku pengelola UKM Candi Mas menyampaikan sangat bersyukur bisa mendapatkan materi terkait aspek legalitas dan pengelolaan bisnis. Harapannya, dengan materi dan tambahan informasi tersebut, UKM Candi Mas bisa semakin lebih maju dan mampu menjadi pelopor di sektor produksi brem. “terima kasih Unipma yang telah menyempatkan berkunjung ke tempat kami, semoga kami dapat menerapkan ilmu yang sudah diberikan oleh bapak ibu dosen dalam berusaha setelah ini”

Abdimas dilaksanakan pada Selasa, 27 Desember 2021 sejak pukul 8 pagi sampai dengan siang hari. Adapun judul abdimas kali ini yaitu “Pendampingan Pengelolaan Bisnis Dan Aspek Legalitas Pada Kelompok UKM Produsen Brem Di Desa Bancong, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun”.

 

Foto kegiatan pengabdian masyarakat dapat dilihat pada link dibawah ini:

https://drive.google.com/drive/folders/1WRYyuJ-h-snrO8v27QFVDKjCUwymQBmz?usp=sharing

 

Dimuat juga pada media online

https://justicecyberonline.com/advertorial/program-studi-hukum-fakultas-hukum-universitas-pgri-madiun-lolos-hibah-abdimas-merdeka-belajar-kampus-merdeka/