FGD Penelitian MBKM FH UNIPMA dengan menghadirkan guru besar UNS 

Prodi Hukum Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) penelitian MBKM pada Rabu, 29 Desember 2021. FGD diselenggarakan dengan sistem blended yaitu daring dan luring dengan tempat Lab Mootcourt Fakultas Hukum Universitas PGRI Madiun dan media Zoom meeting. FGD ini merupakan acara penyampaian hasil penelitian yang dilaksanakan dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidikan prodi hukum FH Unipma dengan judul penelitian Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Kajian Terhadap Perlindungan Hukum Dan Tata Kelola Universitas. FGD ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan FH Unipma Dr. Siska Diana Sari, S.H.,M.H.

FGD dilakukan dengan penyampaian hasil penelitian oleh ketua peneliti Dr. Susani Triwahyuningsih, S.H., M.H. Beliau menyampaikan bahwa penelitian dilakukan berkat dukungan dan support dari Bantuan Program Penelitian dan Pengabdian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Kemendikbudristek RI dan UNIPMA. “penyelenggaraan MBKM di Unipma sudah sangat baik apalagi dengan kehadiran secara luring oleh mahasiswa luar Unipma yang berasal dari puluhan kampus se-Indonesia”. MBKM harus kita syukuri karena ini merupakan amanat dari pemerintah dan Unipma telah melaksanakan banyak program MBKM diantaranya magang/praktik kerja, studi/proyek independen, kampus mengajar/asistensi mengajar, penelitian, kegiatan wirausaha, membangun desa, dan pertukaran pelajar.  

FGD kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dan tanggapan oleh Prof. Dr. Pujiyono, S.H., M.H., Guru Besar dari Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta. MBKM merupakan amanat dari Permendikbud No 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan harus dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi dibawah naungan Dikti. MBKM juga memberikan ruang dan peluang sebesar-besarnya bagi mahasiswa untuk belajar ke kampus luar domisili yang tidak datang setiap waktu jadi harus dimaksimalkan, imbuh beliau yang saat ini juga selaku Wakil Dekan 1 UNS Surakarta.

Selain dosen dan tenaga pendidikan, peserta FGD juga mahasiswa yang berasal dari Unipma dan mahasiswa inbond yang berasal dari Universitas Islam Riau (UIR) yang keseluruhan berjumlah 60 orang baik luring dan daring. FGD kali ini sangat berkesan karena mendapatkan ilmu baru dan tambahan pengayaan dari Prof Puji, ujar Maria Delfiana mahasiswa dari UIR.

File Foto dan Video dapat dilihat pada link dibawah ini:

https://drive.google.com/folderview?id=1C4jayWKj9ijvq3QvtxvdesJlyCcrRxi1

 

Dimuat pada media online

https://justicecyberonline.com/advertorial/fakultas-hukum-unipma-mendapat-bantuan-pendanaan-program-penelitian-kebijakan-merdeka-belajar-kampus-merdeka/